Sabtu, 26 November 2016

POTENSI EKONOMI JAMUR TIRAM


Pada tahun 2014 tepatnya bulan Februari di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang menjadi salah satu tempat terdampak Erupsi Gunung Kelud yang cukup parah, sampai sekitar 1 tahun kondisi ekonomi masyarakat Kecamatan Ngantang masih dalam tahap pemulihan pada waktu itu saya bekerja di Koperasi Agro Niaga Indonesia Jatim cabang Ngantang, melihat kondisi anggota koperasi kami yang hampir semua
usahanya mati karena Erupsi Gunung Kelud, saya berinisiatif membuat program kerja yang saya beri nama "Sekolah Agribisnis Syariah" program ini sebagai wadah saya memberi pendampingan, pelatihan dan konsultasi bisnis kepada anggota koperasi saya, pada akhir tahun 2014 saya membentuk kelompok tani jamur tiram yang ada di kecamatan ngantang yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha budidaya
jamur tiram dan untuk meningkatkan panen jamur tiram untuk memenuhi pasar yang ada di jawa Timur. Selama tahun 2015 kami mengadakan Sekolah Agribisnis Syariah 6 kali kegiatan, alhamdulillah respon dari masyarakat Kecamatan Ngantang baik dengan adanya program seperti itu, dan bisa meningkatkan jumlah anggota koperasi saya.

Berjalannya waktu selama melakukan pendampingan para petani jamur tiram banyak hambatannya terutama terkait dengan karakter masyarakat desa yang masih individualis pada usahanya masing-masing, prospek usaha jamur tiram sangat bagus untuk usaha rumah tangga karena permintaan pasar yang tinggi, di kecamatan ngantang selama ini masih melayani jamur segar yang belum bisa memenuhi permintaan pasar,
sedangkan prospek untuk olahan jamur juga sangat bagus seperi jamur krispi, abon jamur, kripik jamur, dan lain-lain. Kemudian pada Januari 2016 saya resigh dari Koperasi dan fokus dalam bidang pemberdayaan masyarakat di kabupaten malang, yang terakhir pada bulan mei 2016 saya membuat pelatihan dan pendampingan wirausaha baru dalam bidang pertanian khususnya budiaya jamur tiram dan budidaya pohon tin, dalam setiap pelatihan dan pendampinga yang saya lakukan selalu menyelipkaan ekonomi syariah atau spiritual kepadpara UMKM karena itu sangat penting agar kita tidak hanya memburu dunia saja serta etika bisnis yang baik dalam ajaran syariah juga penting saya sampaikan kepada UMKM yang menjadi binaan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar