Senin, 25 Juni 2018

FAKTA & STRATEGI DISAAT JAMUR PANEN MELIMPAH DAN PEDAGANG LIBUR

    Jamur Nusantara | Malang 26 Juni 2018 Usaha budidaya jamur tidak selamanya berjalan mulus sesuai apa yang kita rencanakan, semua bisnis pasti ada risiko yang akan dihadapi dalam perjalanan bisnis tersebut. Begitu juga dengan bisnis budidaya jamur tiram yang kita lakukan, khususnya pada akhir-akhir ini saat libur sekolah, puasa, idul fitri banyak jamur yang tidak dapat didistribusikan ke konsumen akhir karena pedangan yang biasa mengambil jamur libur.
      Kita sebagai petani jamur harus banyak belajar dari pengalaman yang telah kita lakukan selama ini misalnya seperti penanganan penjualan jamur disaat pedagang libur. Kita harus ingat pada hari-hari tertentu pedagang jamur libur seperti Natal, Idul Fitri, Idul Adha, Libur Anak Kuliah, Libur Sekolah. Pada hari-hari itu banyak pegagang jamur libur karena melihat permintaan pasar menurun karena aktivitas ekonomi atau aktivitas pasar menurun atau beralih ke konsumsi lainnya.
        Strategi apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi pasar jamur yang menurun karena aktivitas ekonomi juga menurun pada hari-hari tertentu :
1. Anda harus mempunyai pedagang atau bakul jamur lebih dari 1 karena apabila salah satu pedagang libur masih ada cadangan pedagang yang lainnya, upayakan salah satu pedagang jamur itu dibuat olahan jamur yang bisa tahan lama.
2. Banyak jalin silaturahim ke petani jamur yang lainnya di wilayah anda beroperasi untuk membangun kerjasama dalam pemasaran jamur
3.  Jika panen jamur anda sudah lebih dari 50kg, ada baiknya anda belajar membuat olahan jamur sendiri untuk mengantisipasi pasar jamur meluap.
4. Jika baglog anda masih baru bisa di tali depannya baglog agar jamur tidak keluar disaat pedagang libur.
5. Solusi paling akhir adalah melakukan pemasaran syariah dengan cara disedekahkan kepada orang-orang yang berpotensi untuk bisa kerjasama dengan kita untuk pemasaran jamur.
         Itu sedikit yang bisa sampaikan, pada intinya tidak ada produk yang tidak laku, yang ada produk yang kurang promosi dan inovasi. Semoga bermanfaat dan menambah semangat kita untuk berwirausaha jamur tiram. 


1 komentar: