Sabtu, 26 November 2016

PEMBUATAN KUMBUNG JAMUR



Jamur Nusantara | Kubung atau rumah lindung jamur adalah bangunan dengan persyaratan fisik bangunan tertentu yang mempunyai fungsi menjaga pertumbuhan tanaman secara optimal, serta melindungi tanaman dari curah hujan dan sinar matahari langsung yang tidak menguntungkan bagi pertumbuhan jamur.

(Baca Juga : Potensi Jamur Tiram

Kubung dibangun sesuai dengan luasan lahan, arah angin, bebas dari naungan, sirkulasi udara cukup, jaringan listrik terjangkau, irigasi tersedia, dan kekuatan kontruksi bangunan yang diinginkan serta dilengkapi sarana drainase untuk membuang air yang berlimpah. Faktor fisik yang berpengaruh adalah cahaya (Tim Karya Tani Mandiri, 2010).
Menurut Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran dan Tanaman obat (2009) bahan dan alat yang digunakan untuk membuat kubung yaitu bambu untuk membuat kerangka dan rak di dalam kubung, bilik untuk dinding dan atap kubung, gergaji untuk memotong bambu dan bilik, meteran untuk mengukur panjang pendeknya bambu dan bilik, golok untuk memotong bambu, bahan atap disesuaikan dengan lokasi (genting, rumbia, asbes), kapur bangunan untuk melindungi bangunan dari rayap.
Sumber : Lulu Millah Kamillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar