Minggu, 10 Juni 2018

KKN UNIVERSITAS NEGERI MALANG MEMBEDAH USAHA JAMUR TIRAM

    Jamur Nusantara | 6 Juni 2018 Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang yang terdiri dari berbagai jenis fakultas seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan lainnya melakukan Kuliah Kerja Nyata sebagai bentuk pengabdian mereka ke Masyarakat. Kebetulan dalam kesempatan ini mereka melakukan Kuliah Kerja Nyata di Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.


     Desa Sumberagung mempunyai banyak potensi ekonomi yang potensial untuk di kembangkan mulai dari pertanian, peternakan dan perdagangan. Untuk pertanian yang akan dikembangkan oleh para mahasiswa KKN adalah sektor pertanian budidaya jamur tiram yang selama ini mempunyai potensi yang tinggi di wilayah Kecamatan Ngantang karena permintaan jamur tiram yang belum bisa mencukupi pasar.
      Dalam kesematan pengembangan usaha jamur tiram ini mereka berkerjasama dengan karang taruna Desa Sumberagung yang kebetulan juga mengembangakan usaha budidaya jamur tiram yang di dukung penuh oleh pemerintah desa sebagai kegiatan bisnis karang taruna. Budidaya jamur tiram lebih unik dibanding jenis pertanian lainnya karena harga stabil, panen setiap hari, mudah dibudidayakan, serta permintaan pasar yang tinggi.
     Pada tanggal 6 Juni 2018 bertempat di Kantor Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dilaksankanlah pelatihan kewirausahaan terkait dengan marketing dan packaging usaha jamur tiram, kegiatan ini di ikuti oleh karang taruna setempat yag berjumlah sekitar 20 orang. dalam pelatihan tersebut disampaikan oleh Zainul Abidin, S.E dari Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang dan Pemilik Usaha Jamur Nusantara. Materi yang disampaiakan seperti manajemen pemasaran, manajemen produksi, manajemen SDM, pengolahan baglog jamur dan perawatan jamur. 


         Kunci suksesnya pemasaran jamur tiram adalah memperbanyak jaringan usaha dengan cara sering-sering bersilatirahim ke petani-petani jamur yang ada disekitarnya, dengan cara ini akan memperbanyak khazanah pengetahuan tentang jamur tiram dan membangun jaringan pasar. kemudian terkait dengan manajemen keuangan yang baik adalah selalu menyisihkan minimal 30% dari hasil panen jamur untuk tabungan selanjutnya.


     

2 komentar:

  1. I want to nitish bottle...ple Ple contact me...
    +919098708912

    BalasHapus
  2. I want to nutrish bottle...pl Plea contact me...+919098708912

    BalasHapus