Sabtu, 08 Desember 2018

MENGGALI POTENSI DESA TIRTOYUDO UNTUK USAHA JAMUR TIRAM

    Jamur Nusantara | Tirtoyudo Kabupaten Malang salah satu kecamatan yang kaya akan potensi alamnya, jika kita pernah melewati daerah Tirtoyudo maka akan melihat banyak pepohonan atau hutan di kanan kiri jalan yang kita lewati itu. Disana banyak jenis pohon yang bisa di manfaatkan untuk pembuatan bahan baku pembuatan baglog jamur tiram seperti kayu sengon, mahoni, glugu dan lainnya. 
   
      Selama ini limbah serbuk kayu di wilayah tirtoyudo dibuang percupa tanpa dimanfaatkan untuk apapun, hal inilah yang membuat pengurus Koperasi Wanita Salak Monik Desa Tirtoyudo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang berinisiatif untuk memanfaatkan limbah serbuk kayu itu untuk bahan baku baglog jamur yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

        Rabu, 5 Desember 2018 dilaksanakanlah pelatihan budidaya jamur tiram di kantor Desa Tirtoyudo dengan pemateri Zainul Abidin (Owner Jamur Nusantara) yang di ikuti oleh para ibu-ibu anggota Koperasi Wanita, dalam kegiatan tersebut peserta diajari menjalankan usaha budidaya jamur tiram mulai dari pengetahuan dasar pembuatan bibit F0, F1, F2 serta pembuatan baglog jamur. Peserta diberikan makalah Petunjuk Teknis Budidaya Jamur Tiram sebagai bahan belajar dan acuan dalam usaha budidaya jamur tiram.


2 komentar: