Minggu, 07 April 2019

PENDAMPINGAN USAHA JAMUR TIRAM BUMDES KAMBINGAN

    Jamur Nusantara | Malang, 06 April 2019 Jamur Tiram masih menjadi bisnis untuk masyarakat yang menjanjikan hasilnya, termasuk yang dilakukan oleh Bapak Ali pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Dengan Modal Awal Rp. 100.000.000, Bapak Ali mulai menjalankan usaha jamur tiram ini.
     Desa Kambingan mempunyai potensi alam yang sangat banyak khususnya terkait dengan bahan baku utama pembuatan baglog jamur tiram yaitu serbuk kayu, di Desa ini masih banyak terdapat pohon-pohon yang dapat dijadikan bahan baku pembuatan baglog serbuk kayu nya. Untuk usaha Bumdes saat ini masih bekerjasama dengan petani jamur yang ada di wilayah itu dengan membeli baglog yang siap panen.
      Saat ini bumdes telah memberdayakan 3 warga Desa Kambingan yang bertugas merawat jamur tersrbut dengan sistem bagi hasil dengan bumdes dengan total semua baglog sekitr 10.000. Panen rata-rat per hari jamurnya sekitar 60kg dengan harga jamur Rp. 10.000 - Rp. 12.000 per kg. Dengan adanya usaha budidaya jamur tiram ini, harapannya bisa meningkatkan taraf hidup warga Kambingan dan sekitarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar