Rabu, 30 November 2016

SPEKULASI PASAR JAMUR BAGI PETANI PEMULA

Jamur Nusantara, Malang | Indikator Pasar menjadi sangat penting bagi petani jamur pemula yang pada dasarnya petani itu beli baglog. Mengingat bahwa daya tahan jamur tiram segar tidak tahan lama menjadi pertimbangan penting dalam usaha budidaya Jamur Tiram untuk menentukan pasar jamur tersebut, ada pepatah mengatakan bahwa "Tidak ada produk yang tidak laku, yang ada produk yang kurang promosi" ini menjadi dasar kita untuk semangat dalam membuat sebuah usaha khususnya budidaya jamur tiram.

Ada pengalaman riil yang saya temui di lapangan, sewaktu saya mendampingi petani jamur tiram dari nol, dia bertanya "Bagaimana nanti pasarnya jika aku usaha jamur tiram ini?" dengan kemampuan yang saya miliki mulai dari penilaian kualitas baglog sampai jaringan pasar jamur saya ungkapkan pada petani pemulai itu, hingga akhirnya dia sekarang sudah mulai membuat baglog sendiri yang awalnya beli baglog hanya 2000 karena permintaan pasar yang sangat tinggi.

Kemudia adalagi pengalaman petani pemula yang binggung menjual jamur tiramnya, dengan cara Pemasaran Langit (Sedekah) dia keliling sekitar kumbung yang dijadikan usaha jamurnya, mulai dari tengga sampai catering di kasih jamur, berjalannya waktu ketemu jalan (konsumen jamur) dari Catering Besar yang ada di Kota Batu dengan harga yang 12.000 per Kg hingga petani pemula itu tidak bisa memenuhi permintaan catering tersebut.

Spekulasi pasar jamur bagi pemula kadang bisa membuat seorang petani pemula tidak jadi usaha jamur karena tidak ada pendamping atau mentor dalam usahanya tersebut. tapi percayalah kalau kita selalu berusaha mencari jalan keluar atas masalah pasar tersebut pasti akan ketemu pasar yang loyal pada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar