Minggu, 11 Desember 2016

AKSELERASI IBU RUMAH TANGGA DALAM USAHA JAMUR

       Jamur Nusantara | Malang, Dari sekian banyak peluang bisnis di bidang pertanian yang ada di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang membuat Ibu rumah tangga yang satu ini memutuskan untuk memulai usaha budidaya jamur tiram dengan berbagai berbagai pertimbangan seperti cara perawatan baglog jamur, harga baglog, harga jamur, pemasaran jamur sampai produksi baglog. Usaha budidaya jamur tiram ini di mulai sekitar bulan Agustus dengan membeli baglog dari petani dengan harga Rp. 2.200 sampai rumah, bagi Pemula dalam petani jamur dia membeli sekitar 2000 baglog.
dengan ikut belajar di Sekolah jamur Nusantara membuat keyakinan untuk usaha jamur semakin tinggi.

Ibu Vanda (Jilbab Pink)
       Ibu Vanda mempunyai semangat wirausaha yang sangat tinggi meliat aktivitas kerjanya yang berbeda dengan yang lain, sebagai Ibu rumah tangga tentunya banyak hal yang harus dia kerjakan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan 1 anak. Tepat pilihannya, memilih budidaya jamur tiram ini yang tidak terlalu berat pekerjaannya, bisa dibuat sampingan dengan hasil panen jamur yang lumayan banyak. Dengan memanfaatkan rumah kosong yang tidak di tempati

Kumbung Jamur Ibu Vanda
       Menjalani bisnis jamur tiram dan mengevaluasi perjalanan bisnis jamur tiram selama 4 bulan dengan Pendamping UMKM Kabupaten Malang membuat semangatnya melakukan akselerasi usaha jamur tiram semakin tinggi untuk memperbesar usaha jamur tiram ini, mulai belajar membuat baglog sendiri dengan alat steam sederhana kapasistas 110 baglog seperti ini :

Steam baglog 




        Hasil panen jamur yang rata-rata 10 kg perhari dengan harga jamur Rp. 10.000 dapat menambah penghasilan keluarga ibu Vanda ini, ini sebuah awal yang baik untuk melakukan akselerasi usaha jamur ini dengan terus belajar dari berbagai petani ataupun dengan sharing usaha jamur di Media Sosial. Petani muda seperti Ibu Vanda ini dengan tekun dan selalu semangat untuk belajar dari sebuah pengalaman jika terjadi kegagalan dalam mebuat baglog karena satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman. Kumbung jamur yang dikelola Ibu Vanda dan suaminya berkapasitas Sekitar 10.000 Baglog dan baru terisi sebagian

Dalam Kumbung
Kondisi Jamur didalam Kumbung

        Kami sebagai Pendamping UMKM Kabupaten Malang berharap usaha Ibu Vanda bisa berkembang lebih maju dengan menjadi Agen Jamur atau Peralatan usaha jamur di Wilayah Kec. Ngantang Kabupaten Malang, serta menajadi inspirasi bagi Ibu rumah tangga yang lain dalam membantu perekonomian keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar