Senin, 05 Desember 2016

INKUBASI BAGLOG

         Jamur Nusantara | Inkubasi bibit murni dilakukan pada suhu ruang karena miselium jamur tiram dapat tumbuh pada suhu 25oC. Bakal bibit murni disimpan pada ruangan bersih dan steril atau dalam kamar jamur agar terhindar dari kontaminasi yang berasal dari udara dan lingkungan.

Miselium jamur tiram putih memenuhi permukaan media agar setelah kurang lebih 7-10 hari. Bibit murni tersebut dapat digunakan untuk menginoku-lasi bibit induk. Pada saat inkubasi, miselium akan tumbuh dari eksplan jaringan jamur yang kemudian akan menyebar ke seluruh permukaan media agar dengan warna putih. Kegagalan atau kontaminasi baru terlihat ketika bibit berumur dua minggu. 

Kontaminasi disebabkan oleh bakteri atau jamur lain yang tumbuh pada media agar dapat menghambat pertumbuhan miselium jamur tiram putih. Konta-minasi oleh bakteri terlihat dari adanya warna keruh dan basah pada permukaan agar, sedangkan kontaminasi oleh jamur lain terlihat dari adanya miselium yang strukturnya berbeda dari jamur tiram yang dan terlihat berwarna mencolok seperti kuning, hijau, atau hitam.

Foto : Petani Jamur Tiram Pujon-Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar